Aneh Ribuan Warga Jepang Bugil Demi Sepotong Kayu

http://media.viva.co.id/thumbs2/2013/11/08/228760_saidai-ji-eyo-hadaka-matsuri-adalah-festival-telanjang-paling-populer-di-jepang_663_382.jpg
palinganeh.com  – Jepang memang terkenal dengan suatu hal selain unik juga aneh, apalagi di kalangan remaja, mereka suka membuat tren dari ide-ide tak masuk akal, seperti berikut salah satu kebiasaan yakni bugil secara berjamaah di kala musim dingin, kebiasaan ini lebih dikenal dengan sebutan Hadaka Matsuri atau di sebut juga Festival Bugil.

Festival bugil ini sebenarnya sudah ada sejak 500 tahun yang lalu, di saat semua orang berkompetisi memperebutkan suatu jimat kertas, yang disebut Go-o dari seorang pendeta.

Jimat kertas menurut masyarakat jepang dipercaya siapapun yang mendapatkannya maka hal-hal baik akan terjadi padanya, akibatnya semua masyarakat jepang berlomba untuk mendapatkan jimat tersebut.

Jumlah peminat ingin mendapatkan jimat kertas ini semakin bertambah seiring berjalannya waktu dari tahun ke tahun, dikarenakan jimat kertas, atau jimat yang dibuat di kertas ini tidak memiliki ketahaan, alias rentan robek, sehingga jimat inipun diubah, dibuat dari papan kayu.

Nah para peserta yang ingin merebutkan jimat seraya berseru “Wasshoi! Wasshoi!” dalam suasana riuh rendah begitu semakin lama kian padat oleh peserta festival di kawasan kuil.

Meski festival diadakan saat musim dingin, namun kobar semangat peserta tak pernah surut, justru sebaliknya semakin berapi-api.

Festival bugil dan aneh ini juag menjadi aksi turisme unik yang selalu dipadati wisatawan.

Festival ini sebenarnya tidaklah digelar di satu tempat tertentu, tetapi menyebar diseluruh delapan penjuru kota jepang, karuan saja ribuan warga serentak bugil, ah ini memang festival aneh, dimana musim dingin ribuan warga bugil demi sepotong kayu.

Sebenarnya peserta tidaklah di wajibkan bugil total, tetapi masih diperbolehkan mengenakan segi tiga pengaman, atau dalam bahasa lokalnya di sebut fundhosi :mangap:

Tampaknya perserta juga merasa riskan, jika bugil di depan umum, sehingga masih ada beberapa peserta festival masih mengenakan mantel pendek.

Dan satu lagi festival yang diadakan setiap setahun sekali ini hanya berlaku bagi pria, sebab kalau wanita diperbolehkan jadi peserta dan juga ikut bugil, bukan mustahil festival ini jadi berubah haluan, niat untuk merebut jimat bisa terbengkalai :mangap:

Nah meski festival ini merupakan satu upacara dengan tujuan yang sama, namun disetiap tempat yang berbeda, festival inipun memiliki nama yang berbeda pula.

Salah satu nama festival yang paling dikenal adalah Saidaiji Eyo Hadaka Matsuri, yang biasa diadakan di Kuil Saidaiji di Okayama. Di sana pula, Hadaka Matsuri pertama kali dibuat.

Kurang lebih ada sembilan ribu peserta festival dalam setiap tahun, jimat yang kini diubah dalam bentuk potongan kayu berukuran 4 Senti diameter 20 senti inilah yang diperebutkan oleh seluruh peserta festival ketika dimana si pendeta melemparkan jimat tersebut,

Sudah dapat dibayangkan, para peserta yang bugil pasti randang merandang tindih menindih untuk merebutkan jimat kayu, saking banyaknya peserta, bisa jadi mereka bisa tumpuk menumpuk tak peduli demi mendapatkan jimat. hmm mantap :mangap:

loading...

Komentar Anda

Leave a Comment

Berita Terkait